Selasa, 12 Februari 2013

Merubah Dari Autocad ke PDF

Menggambar menggunakan autocad memang sulit. Kali ini, pimpinan saya mengalami kesulitan untuk mengeprint dan merubah format autocad ke PDF. Lalu meminta bantuan saya untuk membantunya. Saya sendiri belum sama sekali diberi pelajaran tentang autocad ini di sekolah. Akhirnya saya coba beberapa menit yang lalu dan berhasil. Inilah tutorialnya merubah dari autocad ke PDF.

1. Setelah selesai menggambar, tekan CTRL+P atau tekan icon bergambar printer. Dan akan muncul gambar seperti berikut:


2. Ploter/Printer untuk namanya ubah dari "NONE" ke DWG to PDF.pc3.

3. Untuk peaper sizenya silahkan pilih A4.

4. Pada Plot area, Tepatnya pada What to do plot pilih "Window" lalu klik ok. Dan silahkan blog gambar yang anda inginkan.

5. Tentukan aturan gambar di kertas pada plot offset. Jika tidak ingin repot tetapi gambar bisa rata tengah, silahkan pilih atau centang "Center the plot".
5.png (526×569)

6. Tentukan sekalanya. silahkan pilih sesuka anda. Kalau saya tadi menggunakan skala 1:2 agar gambar yang diperoleh tidak terlalu kecil ataupun besar.

6.png (527×564)


Untuk tutorial mengeprintnya saya belum bisa mempostingkan. karena belum mempunyai gambarnya. mungkin lainkali saja ya.......
Sekian tutorial yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Kamis, 07 Februari 2013

MENGISTAL MICROSOFT VISIO FULL VERSION

MENGINSTAL VISO 2010 FULL VERSI

Banyak orang kesulitan pada saat harus membuat rancangan bangunan bila melalui autocad. Walaupun sebenarnya lebih banyak keunggulan bila membuat gambar rancangan suatu bangunan melalui autocad, tetapi untuk pengeprint-nan sendiri masih sulit. Apalagi bila sudah melalui proses pengeplot-an. Kemaren, pimpinan saya di departemen Engineering di Hotel Santika mendapat kiriman gambar tataletak CCTV. Akan tetapi, gambar yang dikirim sudah melalui tahap pengeplot-an. Beliau kesulita untuk mengeprint. Itulah kendala jika menggunakan autocad.

Dalam departemen Engineering sendiri, sudah lama ingin melakukan training untuk visio. Tetapi, saat saya cek pada komputer yang ada di office, tidak terinstal program tersebut. Akhirnya saya carikan dan downloadkan, sesudah itu, saya berikan pada pimpinan saya. Saya sediakan plus serial numbernya. Dan saya arahkan beliau untuk menginstal.

Sekarang, giliran anda untuk saya arahkan dalam proses menginstal VISIO 2010. Berikut adalah tahapannya.

1. Masukkan flashdisk yag sudah terisi software visio dan sekalian serial numbernya. jika tidak punya, bisa mendownload pada link berikut. http://www.arofat.com/software/168-free-download-microsoft-visio-2010-fullserial.html
2. Klik dua kali pada icon software, lalu tunggu hingga muncul gambar seperti berikut:


3. Jika sudah komplit, maka akan muncul gambar seperti berikut :


4. jangan lupa untuk mencentang pada kotak tulisan "I accept the terms of this agreement. lalu klik continue. makan muncul gambar seperti berikut:


5. Masukkan serial numbernya "H4F7B-FQVBX-RRWMB-6MFRR-BB2BW". lalu tunggu sekitar 3 menit hingga disetujui. Tandanya, kotak dialog continue akan muncul dan bisa di klik. Lalu klik continue untuk melanjutkan proses penginstalan. Lalu akan muncul kotak dialog seperti berikut:


6. Klik "Istal Now" untuk menginstal sekarang dan akan muncul kotak dialog seperti berikut:


7. Tunggu beberapa menit. Pada proses ini lumayan memakan banyak waktu. Harap sabar ya.......
8. Proses penginstalan selesai, silahkan anda klik close untuk menyelesaikan tahapan dan Visio dapat dijalankan di komputer anda....


SEKIAN BLOGGING SAYA KALI INI, LAIN WAKTU AKAN SAYA TUTORIALKAN CARA PENGGUNAANYA



Jumat, 01 Februari 2013

Laporan Pertama


OJT di Hotel Santika Jemursari




Hotel Santika merupakan hotel yang bernaung di bawah Kompas Group. Hotel tempat saya OJT (On the Jop Training) adalah salah satu Hotel Santika yang berada di Surabaya. TEpatnya berada di Jalan Jemursari. Dalam Hotel ini, saya ditempatkan di departemen Engineering. Agak aneh memang, cewek berada di departemen ini. Dan mungkin saya adalah orang yang pertama J.
Departemen Engineering sendiri adalah departemen yang bertugas untuk merawat seluruh hotel. Memperbaiki kualitas pelayanan dalam hotel itu sendiri. Departemen ini menurut saya sangatlah penting dalam tubuh hotel sendiri. Karena setiap ada kerusakan dan penambahan fasilitas-fasilitas yang baru demi kenyamanan pelanggan departemen inilah yang bertugas.
Dalam ruang tak begitu luas, saya bekerja sebagai admin dalam departemen ini. Tugas-tugas saya sama halnya dengan admin-admin lainnya. Berteman dengan data-data dan dokumen-dokumen yang bersangkutan dengan kegiatan perbaikan dan pembuatan fasilitas-fasilitas dalam hotel. Dalam bekerja, saya menahkodai sebuah computer yang terhubung dengan computer pusat. Dalam hotel ini, jaringang suadah cukup baik. Namun saya belum bisa merambah departemen IT dalam hotel ini.
Dalam departemen engineering saya bertugas membantu tugas admin seperti memesan barang, berbelanja, mengecek barang-barang yang sudah di pesan dan mentaati SOP data. Pada intinya saya bekerja membuat, mengatur, memperbaiki, menambah, mengupdate data-data yang diperlukan departemen ini untuk memperbaiki kualitas pelayanan hotel.
Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mengulas mengenai program yang di buat melalui MS Outlook. Yaitu program database yang saya operasikan sehari-hari untuk melakukan pemesanan barang. Yang saya mengerti sejauh ini, data ini saling terhubung antara 1 komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan hotel. Saat program ini coba di pergunakan di computer lain yang tidak terhubung, program ini tidak terdeteksi.
Bentuk Icon:


 Form Login:


Form Utama:



  Untuk melakukan pengolahan kita memilih menu Request.


Lalu pilih request handling dan akan muncul jendela seperti berikut:



Itulah beberapa tampilan program yang dapat saya tampilkan. Selebihnya saya belum bisa menampilkan dikarenakan ada aturan tersendiri.

Dalam laporan kali ini, saya akan membahas tentang tahap pembuatannya terlebih dahulu. Saya telah mempelajari tahap-tahapnya. Tapi tentu saja sangat rumit. Saya masih mempelajari sedikit saja. Dan saya akan memosting apa adanya yang saya bisa J……….
MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA MENGGUNAKAN MICROSOFT OUTLOOK
Suatu perusahaan yang besar, pada masa kini tidak lagi menggunakan bon yang harus menulis manual dan belum lagi tumpukan-tumpukan bon yang penting tapi sudah terlalu menumpuk. Itu akan menyulitkan dalam hal oprasional perusahaan itu sendiri. Pada masa kini, perusahaan-perusahaan nyatanya sangat berkembang pesat teknologi yang dipergunakan dalam oprasional. Salah satunya adalah program yang berbasis database yang dibuat menggunakan Microsoft Outlook. Berikut akan saya ulas cara pembuatannya.
Program yang ingin saya buat ini adalah program pendataan pemakaian barang dalam gudang reciving atau gudang penyimpanan. Mungkin, pembuatannya saya ulas sedikit demi sedikit agar mudah dipahami dan dimengerti. Saya akan mengulasnya satu persatu.
% Langkah pertama adalah membuat table yang nantinya akan kita buat dan kita sambungkan menjadi form-form yang lebih mudah penggunaannya.
a.       Langkah pertama adalah buka MS Outlook.

b.     Tunggu hingga jendela MS Outlook terbuka.




a.       Lalu buat data baru dengan memilih “Blank Database” pada kolom New.

b.      Lalu pada kanan jendela ini akan muncul menu baru Blank Database, anda akan di wajibkan mengisi judul dari data yang ingin anda buat dan anda ingin menyimpannya dimana.

c.       Setelah itu, masukkan nama yang anda inginkan. Misalkan “Reciving” lalu pilih create.



a.       Lalu akan muncul secara otomatis table pertama yang harus anda sesuaikan dengan apa yang anda butuhkan dalam form-form program anda nantinya.

·         Disini akan saya jelaskan satu persatu kegunaannya,
-          Tabel. Apa itu table ? Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Contohnya data-data barang harus disimpan dalam table barang.
-          Kenapa kita harus membuat table ? karena dalam prosesnya nanti, kita harus dan wajib membuat table agar nantinya data-data yang kita inginkan dapat terproses dengan baik.
-          Apa yang akan kita jumpai dalam table? Kita akan menjumpai “ Field Name, Data Type, dan Description”
-          Apa itu Field Name ? Field Name adalah Nama dari Inputan yang harus kita input dalam form.
-          Apa itu Data Type ? Data Type adalah tipe data inputan kita nantinya.
-          Apa itu Description ? Description adalah deskripsi dari data yang natinya harus kita input..
b.      Lalu kita harus membuat table dengan memilih View.




a.       Lalu akan muncul dialog, isi dengan nama table yang anda inginkan. Misalnya “Barang”. Lalu klik ok.


b.      Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, anda akan menemui “Field Name, Data type, dan Description”.

c.       Lalu isi field name dengan Kode Barang, Nama Barang, Satuan, dan Harga. Seperti Nampak pada gambar berikut ini.

d.      Lalu buat table baru dengan cara memilih Create, lalu klik Tabel design.

e.      Lalu akan muncul jendela seperti awal tadi. 


a.       Lalu isi dengan Kode Departemen dan Nama Departemen.

b.      Pilih Kode Departemen menjadi Primary key. Dengan cara klik kanan lalu pilih primary key.

c.       Jika berhasil, akan muncul tanda seperti kuci.

d.      Save dengan nama Departemen.Lalu Buat Lagi Tabel dengan cara yang sama dengan yang tadi, isi dengan No Faktur, Tanggal Faktur, dan Kode Departemen.

e.      Lalu Save dengan nama Pengambilan, dan buat lagi table baru dengan isian No Fak, Kode Barang, Nama Barang, Satuan, Harga, dan Jumlah.



a.       Save dengan nama Detail Pengambilan. Table yang saya butu7hkan hanya ini. Jika anda ingin menambah silahkan menambah table-tabel yang lainnya. Caranya masaih sama dengan cara yang sudah saya praktekkan.
% Langkah selanjutnya adalah membuat Query. Sebelumnya akan saya jemaskan mengenai Query ini.
·         Query.
-          Apa itu Query? Query adalah 'permintaan data' kita berupa bahasa bisnis, untuk mengolah data dalam tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh customer yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja, atau pada dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.
-          Apasih manfaat Query? Manfaat Query sendiri antara lain :
a.       Menampilkan data-data tertentu pada suatu table.
b.      Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan.
c.       Dapat melakukan operasi perhitungan.
-          Lalu bagaimana sih langkah-langkah membuat Query? Berikut adalah langkah-langkah membuat Query yang akan saya jelaskan.
-          Apa saja yang akan dijumpai pada Query?
a.       Table = Nama Table dari Filed tersebut.
b.      Sort = Mengurutkan Data hasil query
c.       Show = Mengatur Field ditampikan atau tidak
d.      Criteria = Syarat dari data yang ingin ditampilkan
e.      Field = Nama Field yang ingn ditampilkan

a.       Setelah membuat Tabel, masuk pada menu “Create” seperti pada gambar berikut ini.

b.      Lalu pilih Query Design untuk membuat design Query sesuai yang kita inginkan.

c.                               Lalu akan muncul jendela seperi berikut.


d.      Muncul kotak dialog seperti yang diatas, disana, kita disuruh memilih table mana yang akan kita pergunakan untuk membuat query yang pertama. Saya akan menggunakan table “Detail Pengambilan”.

e.      Jika sudah  lalu klik close karena saya sudah tidak membutuhkan table yang lainnya.

d.      Lalu input seperti gambar dibawah ini.

e.      Urutkan sesuai dengan table yang anda inginkan. Lalu save dengan nama Detail Penjualan.

f.        Begitulah cara membuat query. Untuk query lanjutannya akan saya tunjukkan caranya pada postingan berikutnya.
g.       Selamat mencoba dan semoga berhasil.