OJT di Hotel
Santika Jemursari
Hotel Santika
merupakan hotel yang bernaung di bawah Kompas Group. Hotel tempat saya OJT (On
the Jop Training) adalah salah satu Hotel Santika yang berada di Surabaya.
TEpatnya berada di Jalan Jemursari. Dalam Hotel ini, saya ditempatkan di
departemen Engineering. Agak aneh memang, cewek berada di departemen ini. Dan
mungkin saya adalah orang yang pertama J.
Departemen
Engineering sendiri adalah departemen yang bertugas untuk merawat seluruh
hotel. Memperbaiki kualitas pelayanan dalam hotel itu sendiri. Departemen ini
menurut saya sangatlah penting dalam tubuh hotel sendiri. Karena setiap ada
kerusakan dan penambahan fasilitas-fasilitas yang baru demi kenyamanan
pelanggan departemen inilah yang bertugas.
Dalam ruang tak
begitu luas, saya bekerja sebagai admin dalam departemen ini. Tugas-tugas saya
sama halnya dengan admin-admin lainnya. Berteman dengan data-data dan
dokumen-dokumen yang bersangkutan dengan kegiatan perbaikan dan pembuatan
fasilitas-fasilitas dalam hotel. Dalam bekerja, saya menahkodai sebuah computer
yang terhubung dengan computer pusat. Dalam hotel ini, jaringang suadah cukup
baik. Namun saya belum bisa merambah departemen IT dalam hotel ini.
Dalam departemen
engineering saya bertugas membantu tugas admin seperti memesan barang,
berbelanja, mengecek barang-barang yang sudah di pesan dan mentaati SOP data.
Pada intinya saya bekerja membuat, mengatur, memperbaiki, menambah, mengupdate
data-data yang diperlukan departemen ini untuk memperbaiki kualitas pelayanan
hotel.
Dalam tulisan
saya kali ini, saya akan mengulas mengenai program yang di buat melalui MS
Outlook. Yaitu program database yang saya operasikan sehari-hari untuk
melakukan pemesanan barang. Yang saya mengerti sejauh ini, data ini saling
terhubung antara 1 komputer dengan komputer lain dalam satu jaringan hotel.
Saat program ini coba di pergunakan di computer lain yang tidak terhubung,
program ini tidak terdeteksi.
Bentuk Icon:
Form Login:
Form Utama:
Untuk melakukan pengolahan kita memilih menu
Request.
Lalu pilih request handling dan akan muncul
jendela seperti berikut:
Itulah beberapa tampilan program yang dapat saya
tampilkan. Selebihnya saya belum bisa menampilkan dikarenakan ada aturan
tersendiri.
Dalam laporan
kali ini, saya akan membahas tentang tahap pembuatannya terlebih dahulu. Saya
telah mempelajari tahap-tahapnya. Tapi tentu saja sangat rumit. Saya masih
mempelajari sedikit saja. Dan saya akan memosting apa adanya yang saya bisa J……….
MEMBUAT PROGRAM
SEDERHANA MENGGUNAKAN MICROSOFT OUTLOOK
Suatu perusahaan
yang besar, pada masa kini tidak lagi menggunakan bon yang harus menulis manual
dan belum lagi tumpukan-tumpukan bon yang penting tapi sudah terlalu menumpuk.
Itu akan menyulitkan dalam hal oprasional perusahaan itu sendiri. Pada masa
kini, perusahaan-perusahaan nyatanya sangat berkembang pesat teknologi yang
dipergunakan dalam oprasional. Salah satunya adalah program yang berbasis
database yang dibuat menggunakan Microsoft Outlook. Berikut akan saya ulas cara
pembuatannya.
Program yang
ingin saya buat ini adalah program pendataan pemakaian barang dalam gudang
reciving atau gudang penyimpanan. Mungkin, pembuatannya saya ulas sedikit demi
sedikit agar mudah dipahami dan dimengerti. Saya akan mengulasnya satu persatu.
% Langkah pertama adalah membuat
table yang nantinya akan kita buat dan kita sambungkan menjadi form-form yang
lebih mudah penggunaannya.
a. Langkah
pertama adalah buka MS Outlook.
b. Tunggu
hingga jendela MS Outlook terbuka.
a. Lalu
buat data baru dengan memilih “Blank Database” pada kolom New.
b. Lalu
pada kanan jendela ini akan muncul menu baru Blank Database, anda akan di
wajibkan mengisi judul dari data yang ingin anda buat dan anda ingin
menyimpannya dimana.
c. Setelah
itu, masukkan nama yang anda inginkan. Misalkan “Reciving” lalu pilih create.
a. Lalu
akan muncul secara otomatis table pertama yang harus anda sesuaikan dengan apa
yang anda butuhkan dalam form-form program anda nantinya.
·
Disini akan saya jelaskan satu persatu
kegunaannya,
-
Tabel. Apa itu table ? Tabel adalah tempat untuk
menyimpan data. Contohnya data-data barang harus disimpan dalam table barang.
-
Kenapa kita harus membuat table ? karena dalam
prosesnya nanti, kita harus dan wajib membuat table agar nantinya data-data
yang kita inginkan dapat terproses dengan baik.
-
Apa yang akan kita jumpai dalam table? Kita akan
menjumpai “ Field Name, Data Type, dan Description”
-
Apa itu Field Name ? Field Name adalah Nama dari
Inputan yang harus kita input dalam form.
-
Apa itu Data Type ? Data Type adalah tipe data
inputan kita nantinya.
-
Apa itu Description ? Description adalah
deskripsi dari data yang natinya harus kita input..
b. Lalu
kita harus membuat table dengan memilih View.
a. Lalu
akan muncul dialog, isi dengan nama table yang anda inginkan. Misalnya “Barang”.
Lalu klik ok.
b. Seperti
yang sudah saya jelaskan sebelumnya, anda akan menemui “Field Name, Data type,
dan Description”.
c. Lalu
isi field name dengan Kode Barang, Nama Barang, Satuan, dan Harga. Seperti
Nampak pada gambar berikut ini.
d. Lalu
buat table baru dengan cara memilih Create, lalu klik Tabel design.
e. Lalu
akan muncul jendela seperti awal tadi.
a. Lalu
isi dengan Kode Departemen dan Nama Departemen.
b. Pilih
Kode Departemen menjadi Primary key. Dengan cara klik kanan lalu pilih primary
key.
c. Jika
berhasil, akan muncul tanda seperti kuci.
d. Save
dengan nama Departemen.Lalu Buat Lagi Tabel dengan cara yang sama dengan yang
tadi, isi dengan No Faktur, Tanggal Faktur, dan Kode Departemen.
e. Lalu
Save dengan nama Pengambilan, dan buat lagi table baru dengan isian No Fak,
Kode Barang, Nama Barang, Satuan, Harga, dan Jumlah.
a. Save
dengan nama Detail Pengambilan. Table yang saya butu7hkan hanya ini. Jika anda
ingin menambah silahkan menambah table-tabel yang lainnya. Caranya masaih sama
dengan cara yang sudah saya praktekkan.
% Langkah selanjutnya adalah
membuat Query. Sebelumnya akan saya jemaskan mengenai Query ini.
·
Query.
-
Apa itu Query? Query adalah 'permintaan data' kita berupa bahasa bisnis, untuk mengolah
data dalam tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa dimengerti. Seperti
mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh customer yang dimiliki. Ia bisa
berdasarkan pada satu tabel saja, atau pada dua/lebih tabel, ataupun
berdasarkan pada query yang telah ada.
-
Apasih manfaat Query?
Manfaat Query sendiri antara lain :
a.
Menampilkan data-data tertentu
pada suatu table.
b.
Menampilkan data dari dua table
atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan.
c.
Dapat melakukan operasi
perhitungan.
-
Lalu bagaimana sih langkah-langkah membuat
Query? Berikut adalah langkah-langkah membuat Query yang akan saya jelaskan.
-
Apa saja yang akan dijumpai pada Query?
a. Table = Nama Table dari Filed
tersebut.
b. Sort = Mengurutkan Data hasil
query
c. Show = Mengatur Field ditampikan
atau tidak
d. Criteria = Syarat dari data yang
ingin ditampilkan
e. Field = Nama Field yang ingn
ditampilkan
a. Setelah
membuat Tabel, masuk pada menu “Create” seperti pada gambar berikut ini.
b. Lalu
pilih Query Design untuk membuat design Query sesuai yang kita inginkan.
c.
Lalu akan muncul jendela seperi berikut.
d. Muncul
kotak dialog seperti yang diatas, disana, kita disuruh memilih table mana yang
akan kita pergunakan untuk membuat query yang pertama. Saya akan menggunakan
table “Detail Pengambilan”.
e. Jika
sudah lalu klik close karena saya sudah
tidak membutuhkan table yang lainnya.
d.
Lalu input seperti gambar dibawah ini.
e.
Urutkan sesuai dengan table yang anda inginkan.
Lalu save dengan nama Detail Penjualan.
f.
Begitulah cara membuat query. Untuk query
lanjutannya akan saya tunjukkan caranya pada postingan berikutnya.
g.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.